skip to Main Content

.NET Core Untuk Cross-Platform Applications

.NET Core Untuk Cross-Platform Applications

Saat ini, pengembangan aplikasi berbasis web menjadi lebih sederhana dengan bantuan dari berbagai macam teknologi dan framework. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi untuk perusahaan atau aplikasi berjenis Enterprise adalah Microsoft .Net Core yang dapat digunakan oleh pengembangan untuk mengembangkan aplikasi untuk  Windows, Linux, dan macOS.

Framework .Net Core adalah framework yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi cross-platform seperti untuk aplikasi berbasis web, layanan cloud, aplikasi seluler, layanan mikro, API, aplikasi desktop, game, aplikasi IoT dan banyak lagi. 

.Net Core telah cukup populer karena kualitas dan fiturnya yang banyak. Framework ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk pengembangan aplikasi dengan arsitektur MVC, enterprise app development, peningkatan kolaborasi, razor pages, cross-platform support, dan masih banyak lagi.

Selain itu, .Net Core menawarkan fleksibilitas dalam mengembangkan aplikasi mobile, aplikasi cloud-native, aplikasi game, aplikasi Artificial Intelligence (AI), dan aplikasi Internet of Things (IoT). 

Nah, sekarang mari kita membahas tentang teknologi ini dan kenapa .Net Core dipilih untuk membuat Cross-Platform Applications?

Apa itu Cross-Platform Applications?

Cross platform applications adalah sebuah teknologi dimana sebuah aplikasi dapat digunakan di beberapa sistem operasi. Sebagai contoh sebuah aplikasi mobile kompatibel dengan beberapa sistem operasi (OS) berbeda seperti android dan iOS. Dengan bantuan pengembangan Cross-Platform Applications, para developers aplikasi dapat dengan mudah membuat aplikasi yang berjalan di berbagai platform hanya dengan menggunakan sistem kode tunggal. Selain itu, Cross-Platform Applications juga populer karena perkembangannya yang cepat, kualitasnya, hemat biaya, dan waktu penyelesaiannya.

Apa itu .NET Core?

.Net Core adalah sebuah framework baru dari Microsoft untuk memperbaharui produk development tools mereka yang lama yaitu .Net Framework. Dimana .Net core ini dibuat menjadi sebuah produk yang Cross-Platform, Open Source dan salah satu produk Microsoft yang paling cepat pengembangannya di platform github.

Apa Gunanya .Net Core jika .Net Framework masih ada?

.Net Framework memiliki banyak kekurangan terkait model pengembangan. Seperti tidak bersifat open source dan terbatas pada pengembangan hanya diatas platform windows saja (tidak cross platform). Ini menjadi alasan kuat bagi developer untuk beralih ke tools yang lebih popular seperti PHP-framework, Java-web-spring, python. Perlu diingat bahwa .Net Core tidak menggantikan .Net Framework, tapi microsoft hanya melakukan penyempurnaan dari kekurangan .Net Framework tersebut.

Berikutnya beberapa dari kita yang ingin mulai menggunakan .Net Core mungkin khawatir dan bertanya-tanya tentang :

  • Bagaimana jika kita pengguna Mac dan ingin mengembangkan web menggunakan .net enterprise tapi tidak punya license windows?
  • Bagaimana lainnya jika kita pengguna linux tapi tidak memiliki license windows?
  • Bagaimana jika kita ingin menjalankan website Asp.NET MVC yang sudah ada pada platform server linux?
  • Bagaimana kita adalah developer c#, dan ingin mengembangkan produk yang jalan pada semua platform OS?

Jawabannya adalah semua hal diatas, dapat dilakukan menggunakan .Net Core.

Apakah kalian sudah mulai tertarik untuk menggunakan .Net Core? Selanjutnya mari kita bahas mengapa harus memilih .Net Core?

Mengapa Memilih .Net Core untuk Membangun Aplikasi Lintas Platform?

.Net Core sendiri hadir dengan beberapa karakteristik luar biasa seperti open-source, fleksibel, Cross-Platform, cepat, ringan, user-friendly, shareable, modern dan dibuat untuk pengembangan jangka panjang. Developers dapat menggunakan platform .Net Core untuk membuat aplikasi dengan kode yang dapat digunakan kembali dengan bantuan bahasa pemrograman seperti VB, C#, C++, JS dengan menggunakan OOP, ASP, UDDI, WDSL, XML dan SOAP.

Manfaat menggunakan .Net Core

Pada bagian ini kita akan membahas tentang beberapa manfaat utama .Net Core dalam membuat aplikasi Cross Platform.

1. Peningkatan Performance 

Performance adalah faktor yang penting yang sering menjadi fokus para developer saat mereka membuat aplikasi. Oleh karena itu, dengan menggunakan framework .Net Core maka performance aplikasi bisa lebih diprioritaskan. Selama proses kompilasi kode berlangsung, optimasi kode dilakukan secara otomatis oleh framework sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kinerja kode.

2. Support untuk Dependency Injection

Seperti yang diketahui bahwa .Net Core hadir dengan support build-in untuk Dependency Injection. Ini memungkinkan developers untuk menawarkan peningkatan yang luar biasa dalam pengujian dan ekstensibilitas aplikasi. Selain itu, sebagian besar developers tidak perlu khawatir menggunakan framework 3rd party untuk integrasi ke dalam aplikasi mereka kapan saja.

3. Coding Productivity dengan Razor Pages

Ketika Razor pages menjadi lebih dikenal, .Net Core mulai membuat kode yang lebih produktif, dengan menggunakan page-oriented coding model dari razor pages. Para developers dapat dengan mudah membuat UI web dengan proses yang sederhana dan efisiens. Ini memungkinkan developers untuk memiliki struktur organisasi kode yang lebih clean.

4.Open-source framework 

Salah satu keuntungan utama .Net dalam Cross-Platform Applications development adalah jumlah repository yang besar, kode yang tersedia di GitHub serta dapat digunakan oleh siapa saja dan kapan saja. Hal ini memungkinkan developer memiliki cara yang efisien, nyaman, yang memungkinkan mereka menghemat uang dan waktu secara efektif dalam mengembangkan aplikasi.

 

Penjelasan di atas adalah gambaran kecil manfaat .Net Core untuk membuat aplikasi Cross-platform. Banyak bisnis yang mencari berbagai cara untuk membuat aplikasi dengan cepat, maka development dengan .Net Core mungkin dapat dipertimbangkan. 

 

.Net Core ini sendiri dapat meningkatkan performance aplikasi dengan memanfaatkan Asynchronous programming models secara lengkap. Aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi ini mempunyai peluang untuk improvement yang cepat dan berkelanjutan. Inilah alasan .Net Core menjadi pilihan utama bagi perusahaan yang ingin memiliki aplikasi dengan umur panjang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Xsis dan Services-nya bisa langsung kunjungi website kami di www.xsis.co.id | Email : info@xsis.co.id | Phone : (+62) 21 2788 3570

——-

Penulis : Penulis : Aulia Brahmantio Diaz – Webmaster Xsis Mitra Utama

wpChatIcon
Back To Top