skip to Main Content

Blockchain Untuk Reward / Loyalty Model

Blockchain Untuk Reward / Loyalty Model

Blockchain Untuk Reward / Loyalty Model.

Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce, perbankan, asuransi, maskapai penerbangan, perhotelan dan lain-lainnya bisa mendapatkan manfaat dari teknologi Blockchain untuk memberikan penghargaan kesetiaan pelanggan mereka (customer loyalty program).

Apakah tidak mahal investasi teknologi Blockchain hanya untuk memberikan reward point? Reward point ini receh loh!

Para pengecer seperti e-commerce, perbankan, asuransi, maskapai penerbangan, perhotelan dan lain-lainnya tidak dapat menyepelekan hal ini. Sebuah survei yang telah dilakukan oleh sebuah lembaga penelitian bernama Mordor Intelligence menyebutkan bahwa loyalty market pada tahun 2019 sebesar USD3,226.76 juta (sekitar 4.840,14 triliun; kurs USD 1 : Rp 15.000). Nilai tersebut akan terus bertambah pada tahun 2025 nanti diperkirakan menjadi sebesar USD 11.442.24, dengan tingkat pertumbuhan sekitar 23% per tahun dengan menggunakan metode CAGR (Compound Annual Growth Rate).

Sebuah survei lainnya telah dilakukan pula oleh lembaga survey lainnya, bernama Fortune Business Insight, bahwa pada tahun 2018 loyalty market sebesar USD 2133,2 juta, dengan tingkat persentase kenaikan yang hampir sama.

Semua lembaga survei tersebut menghasilkan laporan survei yang hampir mirip satu sama lain angkanya, dan pesan yang didapat dari hasil laporannya mengatakan bahwa Reward atau Loyalty Model Program semuanya material, dan tentunya investasi teknologi menjadi immaterial.

Jenis Reward/Loyalty Model

Banyak sekali reward yang ditawarkan oleh penjual, namun bisa dikategorikan beberapa berikut ini:

1.    Point, setiap pembelian bernilai tertentu akan mendapatkan point, dan point tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

2.    Member club, misalnya setiap pembelian dengan suatu nilai tertentu akan mendapatkan keanggotaan klub olah raga seperti fitness center, golf, dan lain-lainnya.

3.    Partneship. Jenis reward ini diberikan kepada para agen penjual karena jumlah penjualan yang dicapainya, misalnya sebuah agen bisa diberikan penghargaan Silver Partner, Glod bahkan Platinum tergantung dari berapa tingkat penjualannya.

4.    Brand Ambassador, jenis penghargaan ini diberikan penjual untuk menarik minat pembeli lainnya karena tokoh atau figure menggunakan produknya. Contohnya Rolex Ambassador, Nikon Ambassador dan berbagai produk-produk lainnya.

Dan tentunya anda memiliki jenis penghargaan lainnya yang tidak tercantum dalam salah satu kategori diatas.

Teknologi Reward/Loyalty Program Saat Ini

Terima kasih pada penemu kertas pada abad 100 sebelum masehi hingga kini kertas masih sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa reward program untuk customer loyalty banyak yang masih menggunakan kertas. Namun kertas ini bisa kurang praktis dalam hal penyimpanannya dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan rekap reward seluruh pelanggan.

Kemudian ditemukan teknologi kartu. Catatan jumlah reward ini disimpan secara elektronis dalam sebuah kartu tipis yang praktis disimpan kedalam dompet. Kartu ini menggunakan teknologi magnetic stripe pada bagian belakang kartu, seperti sebuah pita hitam membentang horizontal pada bagian belakang kartu. Data identitas disimpan didalamnya, dimana terdapat 2 hingga 3 track yang tidak dapat dilihat kasat mata. Dan untuk membaca datanya digesekkan pada mesin EDC atau POS. Untuk menggandakan kartu tidak sulit dan murah, sehingga beredar banyak kartu palsu yang memanfaatkan program menarik dari penjual.

Pada jaman teknoloi informasi, perubahan total terjadi, saat ini reward program menggunakan software dan dapat digunakan menggunakan smartphone.

Cara Kerja Blockchain Untuk Reward/Loyalty Program

Blockchain, sebagai teknologi dibelakang mata uang digital (digital currency) seperti Bitcoin, Ether dan sebagainya, memiliki arsitektur terdistribusi (distributed). Distributed berbeda dengan desentralisasi. Dikarenakan terdistribusi maka setiap pihak yang berada didalam jaringan mendapatkan infromasi yang sama.

Bagan berikut menggambarkan cara kerja Blockchain. Jika pihak A ingin menambahkan informasi, maka pihak lainnya (B,C,D dan E) yang tergabung dalam jaringan menerima data dan memverifikasinya, sehingga pada akhirnya mereka semua menerima informasi yang sama. Dan data itu sulit sekali bahkan tidak bisa diubah atau diamandemenkan.

Pada penerapannya, misalnya A, B, C, D, E adalah Hotel chain, dan seseorang mendapatkan voucher untuk digunakan pada salah satu lokasi, maka saat setelah voucher itu di hotel lainnya mendapat informasi terpercaya. Penerapan ini juga dapat dilakukan untuk industri pariwisata, misalnya A adalah Agen Perjalanan, B adalah Hotel, C adalah Maskapai Penerbangan, D adalah Restoran, dan E adalah Toko Penjual Cendera Mata.

Keuntungan Yang Didapat

Pengelolaan reward atau loyalty kepada pelanggan tidak sederhana, bahkan jika disepelekan resiko muncul. Blockchain sebagai teknologi baru menyediakan kemudahan dalam pengelolaan reward/loyalty program. Kemudahan yang didapat antara lain efisiensi waktu dan biaya, tingkat kepercayaan pelanggan meningkat.

 

wpChatIcon
Back To Top