skip to Main Content

Inilah Tren Teknologi Untuk Masa Depan

Inilah Tren Teknologi Untuk Masa Depan

Teknologi berkembang pesat, teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia termasuk juga untuk membantu kehidupan menjadi lebih baik.

Perkembangan kehidupan pekerjaan manusia semakin mobile, kondisi jalan di kota-kota yang berpenduduk sedang hingga padat semakin macet dan menuntut karyawan mobile agar bisa bekerja dimana saja, tidak terjebak dalam kemacetan untuk menuju tempat bekerja. Sehingga teknologi berkembang ke arah mobile untuk memudahkan penyelesaian pekerjaan.

Bisnis menuntut cepat, karyawan dituntut bekerja cepat, sehingga teknologi diciptakan untuk menyediakan otomatisasi ke seluruh proses bisnis, bahkan ke seluruh rantai suplai (supply chain).

Singkatnya, teknologi diciptakan untuk mobile, lebih meluas otomatisnya, digital, augmented, bahkan memiliki integensia menyerupai manusia. Dan teknologi masih akan berkembang lagi mengisi blok-blok atau bagian-bagian yang kosong maupun yang sudah legacy.

 

Future Trend IT

Hingga saat ini berkembanglah teknologi-teknologi berikut ini:

  1. Blockchain adalah teknologi baru untuk distributed ledger,banyak sekali artikel maupun video di youtube disampaikan bahwa teknologi ini untuk desentralisasi, lebih tepatnya adalah terdistribusi (atau distributed), artikel-artikel pada media ini akan mengulas blockchain beserta distributed ledger.Alasan mengapa penyimpanan data harus terdistribusi adalah bahwa teknologi ini menyediakan kepercayaan atau trustworthiness kepada para member. Arsitektur teknologi dan data yang terdistribusi menjadi teknologi baru, dan perlahan-lahan akan meninggalkan arsitektur data dan teknologi yang sentralisasi dan desentralisasi.
  2. Robot Process Automationsesuai dengan namanya adalah teknologi baru yang mengotomasi proses bisnis keseluruhan. Cara kerja Robotic Process Automationadalah process-driven, digerakkan oleh proses.
  3. Demikian pula dengan Machine Learning, sebuah mesin yang juga mengotomasi seluruh proses bisnis. Cara kerja Machine Learningadalah data-driven, atau digerakkan oleh data. Dikarenakan mesin tersebut memiliki kemampuan learning, data yang unstructured pun mampu diproses otomatis olehnya.
  4. Artificial intelligence,sesuai dengan namanya diciptakan mampu memiliki intelligencedalam hal pemrosesan dan teknologi inilah yang dikatakan sebagai teknologi yang mendekati kecerdasan manusia dikarenakan memiliki kecerdasan buatan.
  5. Virtual Reality (VR)adalah teknologi dimana manusia dapat berinteraksi dengan menggunakan 3D ecosystem. Sedangkan Augmented Realty(AR) juga sebagai teknologi yang berkembang sekarang dan menjadi daya tarik perusahaan mobile computing adalah pengembangan dari kemampuan indra manusia yaitu visual, sounds, serta sensor lainnya.

Penulis :

Hendrix Yapputro, MSc, Certified IT Architect

General Manager of Equine Global

wpChatIcon
Back To Top