skip to Main Content

Cloud Computing (Komputasi Awan)

Cloud Computing (Komputasi Awan)

Sistem komputasi awan atau cloud computing menjadi pilihan bagi sebagian besar perusahaan yang menggunakan sistem digital dalam memudahkan dan mempercepat penambahan kapasitas. Layanan cloud computing di Indonesia sering kali digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan cloud storage dan cloud server. Fungsinya adalah sebagai landasan sebuah aplikasi maupun sistem yang digunakan ataupun dijalankan secara online.

Sederhananya, cloud computing (komputasi awan) adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet, seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak. Dari pada menyimpan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau handphone, penyimpanan berbasis cloud sangat memungkinkan kita melakukannya selama ada ketersediaan internet. 

Sumber : https://idcloudhost.com

Cloud computing merupakan opsi yang populer karena memiliki banyak keuntungan, seperti irit biaya, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa, dan keamanan. Maka itu, tak heran banyak perusahaan atau orang-orang yang menggunakan cloud untuk menyimpan data.

Keuntungan menggunakan cloud computing

Selain bisa menghemat kapasitas penyimpanan di hard disk komputer atau laptop, sejatinya ada berbagai keuntungan yang didapat lainnya seperti berikut ini:

  • Biaya lebih hemat dibandingkan on-site server

Memangkas biaya bisa dibilang merupakan keuntungan paling besar dari penggunaan cloud computing. Cloud computing akan membantu menghemat ongkos yang cukup signifikan karena tidak memerlukan tambahan perangkat keras dalam penggunaannya. Selain itu, memberikan opsi tidak perlu membayar orang atau karyawan untuk memelihara perangkat keras. 

  • Memudahkan manajemen bisnis

Cloud computing menawarkan kemudahan manajemen bisnis. Cloud computing memudahkan akses data atau aplikasi di mana dan kapan pun tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk instalasi.

  • Kecepatan load tinggi

Cloud computing bisa membuat penerapan layanan secepat mungkin hanya dalam beberapa klik. Penerapan yang cepat seperti ini memungkinkan Anda mendapatkan sumber daya yang diperlukan lebih cepat pula untuk suatu sistem hanya dalam beberapa menit.

  • Adanya fitur back-up dan pemulihan data

Ketika data-data yang sudah tersimpan di cloud, akan mudah juga untuk back-up dan pemulihan data. Hal sebaliknya akan terjadi jika belum menggunakan cloud computing.

  • Integrasi software otomatis

Di cloud, integrasi software adalah sesuatu yang terjadi secara otomatis. Karena itu, tidak diperlukan usaha tambahan untuk mengatur dan mengintegrasi aplikasi sesuai preferensi.

  • Reliability

Reliability adalah salah satu keuntungan terbesar penggunaan cloud computing. Akan selalu mendapatkan update secara instan tentang pembaruan aplikasi.

  • Kapasitas penyimpanan tanpa batas

Cloud menawarkan kapasitas yang hampir tanpa batas. Penambahan kapasitas dapat dilakukan kapanpun.

  • Memungkinkan kolaborasi tim lebih baik

Platform cloud computing membantu karyawan-karyawan yang berlokasi di tempat berbeda untuk bisa berkolaborasi dengan nyaman dalam bekerja.

Cloud computing dewasa ini sedang berkembang cepat. Meskipun begitu, tak bisa dibantah bahwa cloud computing menawarkan keuntungan yang sangat besar kepada berbagai lapis penggunanya, mulai dari pengguna perorangan, developer, perusahaan besar, dan semua tipe organisasi. Oleh karena itu, tipe teknologi seperti ini bisa dipastikan akan bertahan lama.

Penulis :

Hasan Khairullah – Application Developer di PT Xsis Mitra Utama

Referensi :

  1. https://indonesiancloud.com/keuntungan-dan-kelemahan-cloud-computing/
  2. https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-cloud-computing-defenisi-fungsi-dan-cara-kerja/
X
wpChatIcon
Back To Top