skip to Main Content

Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Menerapkan IT Remote Services

IT Remote Services adalah salah satu pekerjaan di bidang IT yang dilakukan secara jarak jauh atau tidak perlu bertemu langsung dengan client. Semua pekerjaan, komunikasi dan reporting dilakukan secara online atau remote.

Terus bagaimana proses kerjanya? Ada yang dikurangi atau tidak? Tentunya tidak, proses yang dijalankan sama saja dengan proses non-remote. Mulai dari proses user requirement gathering, planning, development sampai go-live project. Hanya saja semua dilakukan secara virtual.

Lantas apa sih kelebihan dari IT remote services?

  1. Cost menjadi lebih rendah karena kita tidak perlu melakukan kunjungan atau on-site di kantor
  2. Lokasi kerja lebih flexible, bisa dimana saja.
  3. Produktivitas akan lebih meningkat karena kita bisa mencari dan menyesuaikan lingkungan kerja yang nyaman untuk kita.

Dibalik kelebihannya tentu IT remote services ini memiliki kekurangan, seperti berikut ini:

  1. Membutuhkan koneksi internet yang sangat baik karena akan sering melakukan meeting online, dimana hal ini membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  2. Dari aspek perangkat, kita harus menggunakan perangkat yang compatible dengan software untuk kegiatan remote
  3. Tidak ada interaksi secara langsung, padahal hal tersebut kita butuhkan untuk memperkuat hubungan emotional antar tim dan client.

Setelah mengetahui definisi, kelebihan dan kekurangannya, berikut ini adalah beberapa pertimbangan jika ingin menerapkan IT Remote Services:

  1. Melakukan sistem monitoring dan reporting secara rutin untuk menjaga trust dari client.
  2. Melakukan komunikasi dan review secara online dengan tim projek untuk mengetahui kendala yang terjadi pada tim saat menjalani proyek.

Seluruh pemaparan di atas merupakan pengalaman Xsis yang telah menerapkan layanan IT Remote Services sejak tahun 2017 dan masih berlangsung sampai saat ini, bahkan saat ini lokasi IT Remote Services Xsis pun sudah ada di Yogya.

Penesaran lebih lengkap seperti apa implementasi yang dilakukan oleh PT Xsis Mitra Utama? Simak selengkapnya di link https://youtu.be/KOUhtFuMrck

wpChatIcon
Back To Top