skip to Main Content

Kenapa harus Belajar Flutter?

Kenapa Harus Belajar Flutter?

Kenapa harus Belajar Flutter ?

Flutter adalah masa depan aplikasi karena Write-once deploy-everywhere dan memiliki beberapa fitur luar biasa seperti :

  1. Mendukung Hot Reload dan Hot Restart
  2. Mengembangakan Aplikasi yang Efisien dan Berkinerja Tinggi.
  3. Pengembangan aplikasi lintas platform
  4. Pustaka widget besar
  5. Penggunaan biaya dan waktu lebih efektif

 

Selain hal tersebut, mungkin kamu masih bertanya terus kenapa harus belajar Flutter? Apa bedanya dengan yang lain? Terus aplikasi apa yang dibuat pakai Flutter? Kita bahas pada poin berikutnya. 

Alasan untuk belajar Flutter

1. Meningkatnya Permintaan untuk Pengembangan Flutter

Dari hari ke hari permintaan untuk Flutter Developers kian meningkat di pasar kerja, karena hampir semua orang bergerak pada pengembangan aplikasi Native yang sangat relevan dengan Flutter. Bahkan untuk Developers yang sudah berpengalaman menganggap Flutter lebih diminati.

2. Mempunyai Komunitas yang Besar

Meskipun relatif muda, komunitas Flutter sangat aktif. Anggotanya selalu bersedia membantu untuk memecahkan masalah jika ada anggota lainnya yang terjebak dalam kesalahan pemrograman dan tidak ada orang terdekat yang dapat memandu. Komunitas pengembang Flutter telah melihat pertumbuhan eksponensial dalam beberapa tahun terakhir di berbagai forum QA seperti Stack Overflow, dll.

3. Dokumentasi yang Lebih Baik

Flutter memiliki dokumentasi yang luar biasa dan terorganisir sepenuhnya dimana kamu dapat dengan mudah mempelajari sintaks dan konsep lain yang diperlukan secara detail karena dokumentasi yang disiapkan dengan baik sangat penting untuk kerangka kerja sehingga dapat membuat reputasi yang baik di pasar. Flutter juga berisi banyak perpustakaan dan widget, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan semua ini di dokumentasi Flutter. 

4. Proses Pengembangan yang Cepat & Efisiensi Waktu

Flutter mendukung proses pengembangan yang cepat dan menghemat banyak waktu bagi para pengembang. Pertama, dengan bantuan berbagai widget kamu dapat dengan mudah membuat desain UI/UX yang kreatif. Menerapkan semua perubahan menjadi mudah dengan Flutter dan dapat memperbaiki bug secara instan. Tidak hanya itu, dalam melakukan pengujian dan penerapan aplikasinya hanya memerlukan sedikit waktu.

5. Mudah Untuk Dipelajari

Flutter relatif lebih mudah dipelajari dan jika kamu sudah pernah belajar dan mengenal JAVA sebelumnya, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menguasai Flutter. Flutter menggunakan bahasa pemrograman Dart, maka kamu harus mahir dengan menggunakan bahasa tersebut. 

Beberapa aplikasi terkenal yang dibangun dengan Flutter

Setelah membahas kenapa kamu perlu tertarik belajar Flutter, berikut ini ada beberapa aplikasi yang telah dibangun menggunakan Flutter, seperti :

  1. Reflectly
  2. Realtor.com
  3. InKindo
  4. Google Ads
  5. Grab
  6. Alibaba

Beberapa Perusahaan Pengembang Aplikasi Flutter

Setelah aplikasinya, mungkin kamu penasaran perusahaan apa yang menggunakan Flutter untuk aplikasi yang mereka bangun, berikut ini beberapa perusahaan tersebut :

  • Intelivita
    Didirikan pada tahun 2015 di inggris, adalah perusahaan pengembang perangkat lunak bekerja untuk mengembangkan Aplikasi Seluler, Game Seluler, Augmented Reality, Virtual Reality, Pengembangan Web, dan solusi eCommerce.
  • Bacancy Technologies
    Didirikan pada tahun 2011, Bacancy Technologies memimpin sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi flutter terbaik. Bacancy Technology membantu membangun aplikasi seluler android dan ios yang ramah pengguna untuk memenuhi proyek pengembangan bisnis tertentu.
  • Appinventiv
    Didirikan pada tahun 2014, Appinventiv dianugerahi sebagai Pemimpin Global dalam Penemuan Digital, perusahaan ini unggul dalam arsitektur, desain, dan pengembangan. Mereka baru-baru ini memasuki dunia pengembangan aplikasi Flutter dengan pemrograman Dart yang terampil.
  • Merix Studio
    Didirikan pada tahun 1999, ini adalah perusahaan pengembangan web lengkap, dengan tim yang terdiri dari 120+ ahli yang membuat produk digital kompleks untuk klien di seluruh dunia.
  • Miquido
    Didirikan pada tahun 2011, Miquido memimpin dalam pengembangan lintas platform, membantu Google menyempurnakan Flutter. Bekerja sama dengan pengembang inti Flutter, sebelum versi 1.0 kerangka resmi dirilis, Miquido membuat salah satu aplikasi Flutter pertama di dunia – Aplikasi Topline oleh Abbey Road Studios. 

Penasaran gimana memulai belajar Flutter? Bisa simak artikel berikut ini :

  1. Tutorial Install Flutter di Windows

 

Referensi:

  1. Top 5 Reasons to Learn Flutter Development

 

—-

Penulis Artikel : Ichda Hayati (Webmaster – Xsis Mitra Utama)

X
wpChatIcon
Back To Top